Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa

Memang yang namanya berdoa kapan saja dan dimana saja, kecuali di tempat yang terlarang untuk berdoa. Namun, ada beberapa waktu mustajab yang diyakini sangat tepat untuk memanjatkan doa sehingga doanya terkabul oleh Allah Subhana wa Ta’ala.

Adapun waktu mustajab untuk berdoa antara lain :

  1. Setelah Adzan Dikumandangkan

Doa yang dipanjatkan setelah adzan maka sebaiknya diucapkan setelah anda membaca doa sesudah adzan. Lalu berdoalah untuk keselamatan dunia dan akhirat supaya anda dilindungi oleh Allah Subhana wa Ta’ala.

  1. Setelah Sholat Fardhu

Setelah melaksanakan sholat fardhu, alangkah baiknya jika anda berdoa bukan hanya untuk meminta keinginan yang sifatnya duniawi saja, namun juga anda harus memanjatkan doa keselamatan supaya selamat dunia dan akhirat.

  1. Setelah Sholat Sunnah Tahajjud

Pada sepertiga malam merupakan waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajjud, sholat witir, sholat istikharoh, dan lain sebagainya. Waktu sepertiga malam ini antara pukul 01 — dini hari hingga masuknya waktu shubuh. Nah, sepertiga malam ini juga merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

  1. Ketika Turun Hujan

Pada saat turunnya hujan merupakan waktu terbaik untuk memanjatkan doa agar terkabul oleh Allah Subhana wa Ta’ala.

“Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu iqomah, serta ketika turunnya hujan.” (Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam dalam kitab Al Umm).

Adapun lafaz doa ketika turun hujan adalah sebagai berikut :

“Allahumma shayyiban nafi’an”

Artinya : “Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat.”

Pada saat turun hujan yang cukup lebat, pastinya anda sering merasa khawatir karena takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi hujan lebat tersebut disertai dengan angin kencang dan petir. Agar hujan lebat tersebut bisa membawa berkah anda bisa membaca doa dibawah ini :

“ Allahumma hawalaina wala ‘alaina Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wa manabitisyajari.”

Artinya : “ Ya Allah, turunkanlah hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari Muslim).

Selain doa di atas, anda juga bisa berdoa lainnya sesuai dengan kebutuhan di waktu turun hujan.

  1. Malam Lailatul Qodar

Waktu yang mustajab lainnya untuk memanjatkan doa adalah malam Lailatul Qodar di bulan suci Ramadhan. Karena Lailatur Qodar ini merupakan malam diturunkannya Al Quran dan banyak orang beribadah di malam hari, beritikaf, tadarus, sholat sunnah, dan berdoa.

  1. Malam Ke 23 Pada Bulan Suci Ramadhan

Sebagaimana yang diketahui bahwa bulan Ramadhan menjadi bulan mulia serta penuh berkah yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Selain itu, bulan Ramadhan juga selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin di seluruh dunia. Pada bulan Ramahan ini Alloh menjanjikan banyak kebaikan dan keberkahan serta pahala yang berlipat lipat bagi bagi mereka yang bisa memanfaatkan dengan baik bulan ini. Sehingga tidak aneh kalau bulan Ramadhan banyak orang yang melakukan berbagai ibadah. Baik itu shaum, tadarus al quran, solat tarawih, sahur, buka puasa, dan lain sebagainya.

Pada malam ke-23 di bulan Ramadhan, diyakini merupakan waktu yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa pada malam ke-23 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *