Categories
kamera

Tips Merawat Lensa Kamera Agar Tetap Awet

Bagi orang orang yang bekerja di bidang fotografi dengan menggunakan kamera miliknya sendiri maka melakukan perawatan terhadap peralatan fotografinya entah itu kamera, lensa maupun yang lainnnya merupakan salah satu hal yang sebaiknya perlu dilakukan secara rutin. Perawatan ini tentunya dimaksudkan agar performa dari peralatan tersebut tetap prima dan optimal ketika akan dipakai lagi. Karena sebuah peralatan fotografi semahal apapun itu jika tidak diberi perawatan yang baik dan benar maka ketika dipakai bisa saja tidak berfungsi dengan baik. Misalnya saja lensa sony FE 16-35mm F2.8 GM yang harganya di atas 30 juta jika dibiarkan saja dan tidak ditempatkan dalam tempat yang semestinya dalam jangka waktu yang cukup lama maka bisa saja lensa tersebut akan berkurang kemampuannya entah karena terkena terlalu banyak kotoran, terkena jamur atau yang lainnya.

Karena itu penting bagi kita untuk mengetahjui perawatan apa saja yang perlu untuk dilakukan terhadap alat alat fotografi kita. Dan di artikel saya kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai perawatan yang perlu dilakukan terhadap lensa kamera. Adapun jenis jenis tindakan yang perlu dilakukan dalam merawat lensa kamera agar tetap optimal meski sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tempatkan Lensa Kamera di Tempat yang Semestinya
Ketika lensa kamera yang kita punya sedang tidak dipakai maka sebaiknya lensa tersebut diletakkan di tempat penyimpanan yang sesuai dan memenuhi beberapa kriteria. Misalnya saja tempat menyimpan lensa kamera tersebut haruslah bersih dan kering. Sebab jika kita menyimpab lensa kamera di tempat yang kotor baik itu kotoran karena debu, minyak maupun yang lainnya maka bisa saja menjadikan lensa kamera tersebut tak sebening kondisi awalnya. Dan jika ternyata lensa yang disimpan kondisinya kotor maka sebaiknya segera saja kita bersihkan. Untuk membersihkannya kita bisa melakukannya dengan mengelap menggunakan kain micro fiber.

 Sementara jika kita menyimpan lensa kamera di tempat yang lembab maka bisa saja timbul jamur yang akan membuat performa dari lensa kamera tidak bisa maksimal lagi. Dan kalau sudah terkena jamur untuk membersihkannya bisa dibilang gampang gampang susah. Memang untuk membersihkan jamur tersebut kita bisa menggunakan cairan pembersih lensa dan lap namun kalau kita melakukannnya secara sembarangan saja bisa saja tak hanya jamurnya saja yang hilang namun juga lapisan coating pada lensa yang berfungsi sebagai penyaring cahaya yang masuk ikut terkikis. Karena itu sebaiknya lakukan upaya pembersihan secara hati hati dan usahakan jangan menggunakan cairan pembersih yang sifatnya terlalu keras zat kimianya. Di tempat penyimpanan ini kita juga bisa menempatkan silica gel untuk mencegah terbentuknya kelembapan.

2. Jangan sampai basah atau terkena air
Terkadang untuk beberapa jenis lensa kondisi basah aatau terkena air bisa saja menyebabkan kerusakan pada bagian internal dari lensa tersebut.

3. Jangan Menggunakan Lensa di Kondisi yang Ekstrim
Salah satu hal yang perlu kita hindari agar lensa yang kita pakai bisa awet adalah dengan tidak menggunakan lensa di kondisi yang terlalu ekstrim. Misalnya harus melakukan foto di suhu yang sangat dingin lalu dalam beberapa jam berpindah tempat ke tempat yang suhunya sangat panas. Melakukan hal tersebut bisa saja memperpendek usia pakai lensa yang kita gunakan.

4. Gunakan Filter Lensa
Filter lensa berfungsi untuk melindungi lensa dari debu dan juga benturan ringan. Karena itu jika kita melakukan pemotretan di luar ruangan maka tidak ada salahnya untuk menggunakan filter lensa.

5. Hati Hati Saat Melakukan Bongkar Pasang
Saat kita memasang dan membongkar lensa dari kamera kita harus melakukannya secar hati hati. Pastikan saat memasang lensa ke kamera kita memperhatikan titik kunci yang ada dan sudah menekan tombol kunci. Pastikan juga kita menggunakan penutup lensa saat kamera sedang tidak dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *